Standar Kafa’ah Seorang Muslim Dalam Menikah

November 30, 2006 at 2:53 am Tinggalkan komentar

MediaMuslim.Info – Nabi Muhammad shalallahu ‘alahi wa sallam telah menerangkan batasan Kafa’ah dengan jelas dalam haditsnya yang artinya: “Jika datang kepadamu (untuk melamar) orang yang engkau ridhoi agama dan akhlaqnya, maka nikahilah” Istri Tsabit Ibnu Qays datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam dan berkata: Wahai Rasulullah, Tsabit Ibnu Qays, sama sekali tidak mendapati cela baik dalam akhlaqnya maupun agamanya…” ini menunjukkan bahwa standar yang dipakai adalah Agama dan Akhlaq. Namun, yang terjadi pada masyarakat sekarang adalah mereka tidak mau menikahkan anaknya kecuali sesuku dengannya atau hanya keluarganya saja atau dengan yang kaya raya/anak pejabat tinggi (tak masalah agama hanya KTP semata) atau menolak dengan alasan “Saya dari Golongan Bangsawan dan Anda Bukan!!!” maka tidak bersedia saya menikahkan anda, dan alasan yang tidak sesuai syari’at Islam lainnya. Ini semua jelaslah SALAH.

Seharusnya seseorang tersebut menikahkan baik yang dari golongan bangsawan atau bukan, baik yang kaya/anak pejabat atau bukan, karena yang paling mulia disisi Allah Ta’ala adalah yang paling berTaqwa kepada Allah Ta’ala. Tingkatan-tingkatan tersebut adalah suatu pengelompokkan yang tidak seharusnya dipergunakan sebagai dasar, yang dijadikan sebagai dasar adalah Agama dan Akhlaq.

Bukankah kita telah mengetahui bahwa hadist-hadits yang sampai kepada kita, sebagian besar diriwayatkan dari orang yang bukan dari golongan Arab. Karena itu, marilah kita menyadari bahwa manusia tidak melihat kecuali kepada dua perkara saja, yaitu AGAMA dan AKHLAQ. Wallahu ‘Alam.

Entry filed under: Cinta, Hizbut Tahrer, Islam, Muslim, Tarbiyah, Tobat, Tsaqofah. Tags: .

Cara Menangkal dan Menanggulangi Sihir Perkawinan Sebuah Fitrah Kemanusiaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2006
S S R K J S M
    Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Total Pengunjung

  • 154,066 Pengunjung
Add to Technorati Favorites

%d blogger menyukai ini: